Rayakan Ultah, Botoma Toba Gelar Lomba Senam Kreasi Lansia dan Fashion Show

Dalam rangka merayakan HUT yang ke-3, Boru Toba Marsada (Botoma) menggelar perlombaan senam kreasi lansia dan fashion show bagi kaum perempuan di Kabupaten Toba.

topmetro.news – Dalam rangka merayakan HUT yang ke-3, Boru Toba Marsada (Botoma) menggelar perlombaan senam kreasi lansia dan fashion show bagi kaum perempuan di Kabupaten Toba.

Perlombaan berlangsung di Tugu Mayjen (Anm) DI Panjaitan, Minggu (12/11/2023), sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ketua Botoma Toba Rosanna Napitupulu mengatakan, bahwa selain untuk mengucap syukur keberadaan Botoma telah tiga tahun berdiri di Toba, perlombaan itu juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Toba, terkait tujuan terbentuknya Botoma.

“Bahwa organisasi Botoma hadir dan konsen di Toba untuk membela hak-hak perempuan dan anak. Terkhusus pendampingan kekerasan seksual,” ucap Rosanna.

Sebelum mengakhiri sambutan, di hadapan ratusan masyarakat Toba, dengan semangat Rosanna menyerukan stop kekerasan perempuan dan anak.

Sementara, Penasehat Botoma Sarma Hutajulu menuturkan, selain mensyukuri berkat Tuhan berdirinya Botoma di Toba, ia juga menyampaikan, bahwa selain mengadvokasi, membentuk para legal, pembentukan organisasi itu juga sebagai isyarat mengajak seluruh masyarakat Toba dan stakeholder untuk bergandengan tangan dalam menangani kekerasan seksual bagi perempuan dan anak.

“Toba ini darurat kekerasan seksual. Banyak predator seksual. Ada 16 kasus kekerasan yang kami dampingi saat ini. Kami tidak bisa melakukannya sendiri. Mari bergandengan tangan bersama, pemerintah dan masyarakat,” pungkas perempuan yang ‘kenyang’ di dunia aktivis itu.

Apresiasi

Selanjutnya, merespon sambutan ketua dan Penasehat Botoma, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak mengatakan, sangat mengapresiasi kehadiran Botoma di Toba.

“Selama tiga tahun ini, kami merasakan, seperti apa tindakan nyata Botoma. Kami Pemda Toba, siap bersinergi dengan Botoma,” tegas Tonny.

Tony juga salam hangat dari Bupati Toba yang tidak bisa hadir karena sedang menghadiri acara ibadah di GKPI Tambunan.

Pada acara lomba senam kreasi lansia dan fashion show tersebut, Wabup Tonny secara khusus juga menyapa para lansia yang ikut berpartisipasi.

Sebelumnya, sambutan juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Toba Rita Marlina Poltak Sitorus, diikuti anggota DPRD Toba Mutiara Panjaitan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Rhiny Sitorus menyampaikan, bahwa peserta lomba senam kreasi lansia ada 15 kelompok yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Toba. Kemudian ada 25 peserta untuk fashion show.

“Juara I untuk senam kreasi dimenangkan Tim Lansia Kecamatan Balige dan Fashion Show dimenangkan peserta dari Tim Kecamatan Sigumpar,” sebutnya.

“Pelaksanaan lomba dan acara perayaan ulang tahun Botoma, sebelumnya juga diawali dengan ibadah bersama,” pungkas Rhiny.

Turut hadir, Penasehat Botoma Robert Pardede alias Kempes Pardede, para camat, Ketua I TP PKK Toba Erna Sihotang, Ketua DWP Toba Irma Augus Sitorus, para pengurus Botoma Toba, dan tamu undangan lainnya.

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment